Setelah makan, perlu hindari kegiatan-kegiatan ini!



Sistem pencernaan pada tubuh langsung bekerja saat selesai makan, dan sistem pencernaan dan penyerapan nutrisi pada tubuh akan terhambat apabila kita melakukan beberapa kegiatan tertentu saat sehabis makan. Oleh karena itu, ada beberapa kegiatan-kegiatan yang harus dihindari ketika selesai makan agar hormon tetap seimbang serta melancarkan pencernaan dan penyerapan pada tubuh.

Check it out!


1. Merokok

    Sebuah kebiasaan bagi seorang perokok saat sehabis makan, langsung menghisap rokoknya. Merokok biasa saja dapat merusak paru-paru, apalagi saat sehabis makan karena saat itu dapat melenyapkan nutrisi makanan yang sebelumnya dikonsumsi. Sebaiknya hindari kebiasaan buruk merokok setelah habis makan karena rokok sangat mempengaruhi penyerapan vitamin dan mineral oleh tubuh. Jangan langsung udud kalau habis makan, minum air yang banyak, tunggu bentar, sebat dah :D.


2. Tidur

    Tidur merupakan kegiatan yang sangat penting bagi manusia karena tidur dapat merecovery energi-energi tubuh. Ada beberapa orang sangat sering tidur setelah makan (apalagi saat malam menjelang tidur), tidur disaat setelah selesai makan sebenarnya sangat tidak dianjurkan dan merupakan ide yang buruk. Dan mengakibatkan resiko seseorang terkena serangan stroke dapat meningkat. Hal ini terjadi karena setelah sehabis makan, semua nutrisi yang ada didalam tubuh langsung diproses. Jadi, adakalanya sehabis makan, duduk nonton tv dulu sekitar 1jam (1 episode TV Series Game of Thrones boleh tuh :D )


3. Mandi

     Kita setiap hari mandi untuk membersihkan badan dan agar tetap sehat tentunya (terkecuali bagi kaum-kaum penganut "hari libur = libur mandi", terutama bagi anak kuliahan :D ). Tapi tahukah kalau mandi setelah selesai makan merupakan suatu kegiatan yang bahaya? Karena setelaah selesai makan, nutrisi-nutrisi yang didalam tubuh langsung diproses. Kalau setelah selesai makan dan langsung mandi, aliran darah dalam tubuh akan lebih cepat mendekati kulit karena beradaptasi dengan suhu yang berbeda. Jadinya saat proses penyerapan makan darah-darah yang terlibat jadi lebih sedikit. Jadi, setelah makan, duduk-duduk aja dulu main hp stalking mantan misalnya, baru deh mandi :D.


4. Minum Teh

     Setiap pagi kita minum teh panas atau hangat untuk menyegarkan pikiran (lain halnya bagi penikmat esteh nih, tiap saat kali yak minum teh :D). Tapi kalau minum teh saat setelah selesai makan dapat menghambat penyerapan zat besi pada tubuh yang disebabkan oleh tingginya kandungan poyphenol dalam teh. Nah, kalau kekurangan zat besi, dapat memicu dan menyebabkan seseorang terkena anemia dan penyakit lainnya. Jadi, disarankan bagi penikmat burjo dan angkringan yang selalu pesan nastel+esteh, ada baiknya minum air putih dulu ya yang banyak, baru deh sruput estehnya :D


5. Makan Buah

    Buah-buahan masuk dalam rumus 4 sehat dan 5 sempurna, mengkonsumsi buah tiap hari dapat melancarkan pencernaan serta nutrisi yang ada dalam tubuh. Namun makan buat saat setelah selesai makan justru merupakan kegiatan yang buruk karena buah membutuhkan enzim yang berbeda untuk dicerna. Dan jika memakan buat saat setelah selesai makan, tubuh tidak dapat menyerap nutrisi yang ada dalam buah dengan sempurna. Waktu yang sebenarnya cocok untuk memakan buah-buahan adalah disaat perut dalam keadaan kosong.


6. Berolahraga

     Olahraga membuat tubuh kita bugar dan sehat setiap harinya (biasanya kalau kurang olahraga, bisa cepat kena penyakit, penyakit malas contohnya :D). Kualitas pencernaan akan menurun serta dapan mempengaruhi performa ketika langsung berolah-raga sesaat setelah makan. Jadi tunggu beberapa saat sebelum memulai olahraga, godain orang misalnya :D


Nah, itulah beberapa kegiatan-kegiatan yang seharusnya dihindari saat setelah selesai makan.

1 komentar: