Perokok? Gunakan cara-cara alami ini untuk membersihkan paru-paru kotor!


Paru-paru merupakan organ terpenting yang terbagi menjadi dua bagian yaitu bagian kiri dan kanan dalam tubuh (terletak dibagian bawah tulang rusuk) dan berperan sebagai sistem pernapasan manusia. Paru-paru yang kotor dapat mengganggu sistem pernapasan manusia dan akan menimbulkan penyakit-penyakit seperti kanker, asma, hingga bronkitis. Penyebab paru-paru kotor bisa disebabkan oleh faktor genetik, pengaruh polusi udara dan tentunya menghirup asap tembakau (rokok). Dengan segala bahan-bahan kimia yang masuk ke dalam tubuh, rokok merupakan penyebab terbesar perusak paru-paru. Dan berikut ini adalah cara-cara alami untuk membersihkan paru-paru yang kotor khususnya bagi kamu yang merupakan perokok berat.

Check it out!


1. Jeruk Bali

Buah jeruk bali sangat kaya akan kandungan vitamin C yang mampu menghambat enzim pengaktif sel kanker paru-paru serta antioksidan yang berfungsi untuk mencegah sel kanker. Dengan kandungan-kandungan yang terdapat pada jeruk bali, bisa membantu melawan perkembangan sel kanker dan juga membersihkan paru-paru yang kotor


2. Bawang Putih

Bawang putih sangat berkhasiat dan berperan penting bagi kesehatan tubuh alami karena memiliki sifat anti jamur, anti virus, anti bakteri, anti parasit, juga anti mikroba, dengan begitu bawang putih dipercaya dapat membersihkan paru-paru yang kotor. Bawang putih juga mengandung kandungan senyawa allicin yang mampu melawan penyebab infeksi paru-paru serta mengandung antioksidan yang selain mencegah sel kanker juga dapat mengurangi radikal bebas dalam tubuh. Bawang putih dapat menurunkan resiko kanker paru-paru hingga 44% dengan cara mengkonsumsi minimal 2x dalam seminggu.


3. Jahe

Selain bawang putih, jahe merupakan rempah dan bumbu yang sering kita digunakan pada masakan untuk dikonsumsi. Kandungan antiseptik dan antibakteri yang ada pada jahe bisa membantu saluran bronkial yang terletak pada paru-paru serta dapat membersihkan paru-paru. Konsumsi sepotong jahe segar secara utuh dengan cara dikunyah. Bagi perokok yang mengkonsumsi jahe, umumnya langsung merasakan pernafasan akan menjadi lega karena dengan mengkonsumsi jahe dengan cara dikunyah dapat membuka saluran pernafasan yang tersumbat.


4. Kunyit

Kunyit juga merupakan rempah dan bumbu dapur yang sering dikonsumsi. Kunyit dapat membantu membersihkan paru-paru yang kotor karena mengandung kandungan curcumin yang mampu melawan berbagai zat penyebab kanker paru-paru. Konsumsi kunyit dengan cara merebus setengah kilogram rimpang kunyit yang telah dikupas hingga mendidih. Kemudian air rebusan kunyit tersebut diminum (konsumsi 2x sehari sampai pernapasan kembali stabil)


5. Yoghurt

Minuman hasil fermentasi susu ini juga berperan penting bagi kesehatan tubuh dengan kandungan bakteri baik yaitu lactobacillus dan streptococcus thermoplhus yang dapat melawan bakteri jahat serta menyediakan nutrisi baik bagi paru-paru dan juga hati, khususnya dapat mencegah datangnya penyakit kanker. Cukup minum yogurt setiap hari seperti yakult.


6. Sayuran yang kaya akan karotenoid

Mengkonsumsi sayuran yang kaya akan karotenoid seperti wortel, bayam, labu, lobak, dan selada dapat mengurangi resiko kanker paru-paru karena karotenoid berfungsi sebagai antioksidan pada tubuh. Selain sayur-sayur diatas, daun anggur merupakan sayur yang paling banyak mengandung kartenoid.


7. Buah Berry

Mengkonsumsi jenis buah-buahan beri seperti blackberry, bluberry yang mengandung zat lutein, karotenoid, flavonoid dan zeaxanthin mampu membersihkan paru-paru dari zat-zat kasinogen


8. Makanan yang kaya akan selenium

Selenium merupakan zat mineral yang mampu merangsang enzim bersama vitamin E untuk membantu memperkuat pertahanan paru-paru. Kadar sel kanker berbanding terbalik dengan selenium dalam tubuh. Yang berarti jika sel kanker banyak, maka selenium akan menurun hingga bisa menghilang, begitupun sebaliknya. Jadi makanlah makanan yang kaya akan kandungan selenium seperti keju, telur, gandum, jamur, bayam, tiram, kedela, dan juga ikan laut (tuna dan salmon) agar mencegah kanker serta meningkatkan daya tahan tubuh dan juga membersihkan paru-paru.


9. Buah Delima

Buah delima dapat meningkatkan penyaluran darah serta menghilangkan dan membersihkan zat-zat beracun yang terdapat pada paru-paru. Cukup dengan mengkonsumsi ekstrak buah delima bisa merawat dan membersihkan paru-paru.


10. Berolahraga disaat pagi hari

Dengan gerakan tubuh yang aktif dapat menyehatkan kesehatan tubuh, dengan begitu pula bisa membuat paru-paru bekerja lebih baik sehingga dapat menormalkan pernapasan tubuh karena akan menyuplay jalannya proses pembersihan zat-zat beracun yang terdapat pada paru-paru.


Itulah beberapa cara alami bagi yang ingin membersihkan paru-paru kotor yang tidak menutup kemungkinan dapat menyebabkan kanker paru-paru bagi tubuh. Jagalah kesehatan organ dan vital tubuh dari berbagai jenis penyakit.

1 komentar: