Gigi kuning? Ini Cara dan Bahan Alami Untuk Memutihkan Gigi Dengan Cepat!


Gigi merupakan bagian keras berwarna putih yang terdapat dalam mulut dan akarnya tertutup oleh gusi. Gigi memiliki banyak tugas dan fungsi utama gigi ialah untuk mengunyah serta merobek makanan. Bagi hewan karnivora, gigi digunakan sebagai senjata (manusia juga bisa sebenarnya). Gigi juga merupakan parameter untuk menentukan rupa kecantikan seseorang. Gigi yang berwarna putih merupakan impian bagi setiap orang karena gigi putih bersih dan indah merupakan salah satu daya tarik untuk menarik perhatian orang lain. Namun sayangnya sebagian besar orang giginya berubah menjadi kuning kusam akibat kurangnya perawatan kesehatan gigi. Berikut ini adalah cara-cara membersihkan dan memutihkan gigi secara alami

Check it out!


1. Memutihkan gigi menggunakan arang

   Arang adalah sisa hasil pembakaran kayu yang merupakan 85-98% karbon dan sisanya itu merupakan abu, biasanya arang digunakan sebagai bahan utama untuk keperluan memasak. Arang bisa digunakan sebagai penjernih air, dan tentunya arang juga berperan dalam bidang kesehatan, memutihkan gigi secara alami salah satunya. Arang sangatlah efektif untuk membersihkan dan memutihkan gigi yang kuning secara alami dalam jangka waktu 1 minggu. Untuk memutihkan gigi secara alami menggunakan arang, siapkan arang kayu bersih, tumbuk dan haluskan arang secara merata hingga menjadi bubuk. Lalu gunakan bubuk arang kayu yang sudah jadi tadi dengan cara menggosoknya pada menggunakan sikat gigi minimal selama 10 menit secara perlahan, kemudian bersihkan menggunakan air hangat sambil berkumur. Jika terlalu sering akan merusak gigi, lakukan secara teratur sebanyak 2-3x dalam seminggu.


2. Memutihkan gigi menggunakan garam

   Garam merupakan bahan dan bumbu utama dalam mengelola masakan. Selain itu garam memiliki kandungan yang mampu mengikis permukaan pada gigi dan membuat garam sengat efektif untuk memutihkan gigi dengan cepat. Untuk memutihkan gigi secara alami menggunakan garam, siapkan garam dan air perasan lemon secukupnya, campurkan dan aduk sampai merata hingga membentuk pasta. Gunakan sikat gigi dan campuran garam air lemon tadi sama halnya seperti pasta gigi untuk menyikat dan menggosok gigi yang kuning secara perlahan selama beberapa menit, kemudian bersihkan dengan cara berkumur menggunakan air hangat. Lakukan secara teratur dan rutin 2x dalam seminggu, terlalu sering dapat mengakibatkan rusaknya gigi.


3. Memutihkan gigi menggunakan biji pinang

   Buah pinang kaya akan senyawa seperti arecolidine, guvacoline, guracine, arecaidine dan lain sebagainya yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat buat pinang ini telah dikenal sedari dulu kala oleh para nenek moyang. Biji buah pinang dipercaya sangat ampuh memutihkan gigi secara alami dan sekaligus dapat menguatkan gigi agar tidak mudah keropos. Untuk memutihkan gigi secara alami menggunakan biji buah pinang, siapkan biji buah pinang lalu bakar hingga hangus. Setelah dibakar, tumbuk serta haluskan biji pinang menjadi seperti bubuk, campurkan dan aduk dengan air hangat hingga merata. Gunakan kaun katun untuk menggosokan gigi menggunakan campuran tadi selama 15 menit, kemudian bersihkan dengan cara berkumur menggunakan air hangat.


4. Memutihkan gigi menggunakan buah strawberry

   Rasanya yang lezat dan enak membuat stroberi menjadi salah satu buah yang banyak disukai orang dari berbagai kalangan. Selain rasanya yang enak, stroberi juga mengandung vitamin C yang salah satu manfaatnya untuk memutihkan gigi secara alami dan menjaga gusi tetap sehat. Untuk memutihkan gigi secara alami menggunakan stroberi, cukup mengkonsumsi stroberi secara rutin dengan cara dikunyah sambil menggosokkannya pada permukaan gigi.

5. Memutihkan gigi menggunakan siwak

   Siwak merupakan bagian dahan atau akar dari pohon. Sejak dari dulu, siwak telah digunakan oleh nenek moyang sebagai bahan alami untuk membersihkan gigi dan gusi sekaligus memutihkan gigi. Untuk memutihkan gigi secara alami menggunakan siwak, siapkan siwak yang halus dan juga lembut (bisa gunakan dahan atau akar pohon). Tumbuk hingga halus ujung siwak, kemudian gosokkan pada gigi layaknya sebuah sikat gigi secara perlahan selama 15 menit, lalu bersihkan dengan cara berkumur menggunakan air hangat. Lakukan 2x sehari secara rutin.


6. Memutihkan gigi menggunakan baking soda

   Selain bahan utama untuk membuat adonan kue ataupun roti, baking soda juga dapat membersihkan serta memutihkan gigi secara alami. Untuk memutihkan gigi secara alami menggunakan baking soda, campurkan baking soda dan air hangat secara merata. Gunakan campuran tadi untuk menggosok gigi menggunakan sikat gigi (atau jari juga boleh) selama 15 menit, kemudian bersihkan dengan cara berkumur menggunakan air hangat. Lakukan secara rutin sebanyak 2x seminggu. Fyi, bisa juga dicampurkan dengan stroberi matang yang sudah dilembutkan (untuk menggunakan stroberi, cukup 1x seminggu).


7. Memutihkan gigi menggunakan kulit jeruk

   Buah jeruk sangat berpengaruh pada bidang kesehatan, selain dagingnya yang enak dan manis, kulitnya juga bisa digunakan sebagai bahan alami untuk kesehatan. Di artikel sebelumnya telah dibahas manfaat kulit jeruk untuk menghilangkan jerawat secara alami, kulit jeruk juga efektif untuk memutihkan gigi. Untuk memutihkan gigi secara alami menggunakan kulit jeruk, siapkan kulit jeruk yang masih segar dan sobek sedikit kulit jeruk tersebut, kemudian gosokan bagian dalamnya pada gigi selama beberapa menit, setelah itu bersihkan dengan dengan cara berkumur menggunakan air hangat. Agar hasil maksimal, lakukan secara rutin setiap hari hingga gigi menjadi putih.


Nah, itulah beberapa cara memutihkan gigi diatas dengan menggunakan bahan-bahan alami. Tips : jangan lupa untuk selalu merawat gigi agar tetap sehat dengan cara menyikat gigi setiap hari secara rutin, jangan terlalu sering merokok dan mengkonsumsi alkohol, minum susu karena kaya akan kandungan enzim yang dapat menguatkan gigi.

3 komentar:

  1. hmnn banyak juga sih yang bilang kalau gigi kuning itu tandanya sehat, tapi walaupun gitu kalau kuning orang lain aneh liatnya wkwk, aku coba deh gan :)

    ReplyDelete
  2. Baru berani pakai yg kulit jeruk :)
    kalo yg pakai arang sama baking soda belum pernah coba

    ReplyDelete