Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Menggunakan Bahan-Bahan Alami


Jerawat atau dalam bahasa medisnya acne vulgaris merupakan benjolan-benjolan yang timbul akibat adanya penyumbatan pada pori-pori pada kulit wajah. Ada berbagai penyebab yang memicu timbulnya jerawat, antara lain : pola makan yang tidak sehat, ketidakseimbangan hormon, kulit berminyak (ini yang sering terjadi) dan sebagainya. Bahkan ada guyonan kalau jerawat muncul, kita sedang menyukai seseorang hahaha :D
Bagi beberapa orang, jerawat sangat mengganggu penampilan dan membuat jadi tidak percaya diri. Oleh karena itu, beberapa diantara mereka bahkan rela pergi ke klinik kulit dan kecantikan serta membeli produk-produk penghilang jerawat yang ongkos biayanya tidak sedikit demi menghilangkan jerawat yang merusak penampilan mereka.Berikut ini adalah cara menghilangkan jerawat secara alami dan herbal yang tentunya lebih sehat serta menghemat biaya, walaupun tidak secepat produk-produk penghilang jerawat yang mahal.

Check it out!


1. Lemon

Selain rasanya yang enak untuk dijadiin es lemon atau lemon tea, lemon juga dipercaya akan khasiatnya sebagai penghilang noda serta pencerah kulit pada wajah, ini dikarenakan kandungan yang terdapat pada lemon dapat membersihkan pori-pori wajah yang tersumbat dan juga mnegurangi pereadangan masalah pada kulit berjerawat. Kandungan itu merupakan asam Askorbat-L. Untuk menghilangkan jerawat menggunakan lemon, siapkan 1 buah lemon segar lalu tekan sedikit lemonnya, potonglah menjadi 2 bagian kemudian diperas. Oleskan pada wajah secara perlahan sambil dipijit lalu biarkan dan diamkan selama 15 menit, setelah itu bilas wajah dengan air dingin hingga bersih. Agar hasilnya maksimal, lakukan secara rutin sekali dalam sehari.


2. Kulit Jeruk

Jeruk akan sangat nikmat ketika dibuat menjadi Es Jeruk untuk menghilangkan dahaga saat terik matahari. Tak hanya daging jeruknya saja, kulitnya pun bisa dimanfaatkan untuk kesehatan kulit khususnya bermanfaat menghilangkan jerawat pada wajah secara alami karena kulit jeruk mengandung kandungan asam alpha hidroksi yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan juga membersihkan pori-pori kulit tersumbat oleh debu serta mengandung Vitamin C. Untuk menghikangkan jerawat menggunakan kulit jeruk, tentunya siapkan kulit jeruk yang telah dikeringkan selama beberapa hari dibawah sinar matahari (keringkan sampai benar-benar kering). Setelah itu hancurkan serta haluskan kulit jeruk tadi hingga menjadi bubuk dan campurkan sedikit air (secukupnya) lalu aduk merata hingga menjadi pasta. Oleskan pasta yang sudah jadi tadi dan dipijit secara perlahan pada wajah yang berjerawat kemudian diamkan dalam beberapa menit. Bilas wajah dengan air hangat hingga bersih.


3. Lidah Buaya

Pada artikel sebelumnya, lidah buaya dapat membasmi dan menghilangkan ketombe pada rambut. Kali ini masih dengan lidah buaya yang berperan dan dikenal sebagai bahan alami dalam dunia perawatan kulit dan juga kesehatan. Hal ini dikarenakan lidah buaya kaya akan nutrisi antioksidan, vitamin C, vitamin E, mineral, ada juga zat aktif seperti polisakarida dan hormon giberelin yang mampu mengusir serta membunuh bakteri penyebab jerawat dan nutrisi tersebut juga berperan dalam mempercepat penyembuhan kulit yang berjerawat. Untuk menghilangkan jerawat secara alami menggunakan lidah buaya, sediakan lidah buaya yang telah dipotong menjadi 2 bagian, lalu potong bagian lidah buaya yang berduri (disekitar samping lidah buaya) kemudian untuk mengambil gelnya, irislah bagian atas lidah buaya dan masukkan kedalam wadah, haluskan. Oleskan gel lidah buaya yang telah dihaluskan tadi pada wajah yang berjerawat secara perlahan kemudian dibiarkan dan diamkan selama 3-5 menit. Bilas wajah dengan air dingin hingga bersih, keringkan.


4. Pepaya

Selain biji pepaya yang merupakan bahan alami penghilang ketombe yang kita bahas pada artikel sebelumnya, pepaya dapat melancarkan pencernaan dan juga sebagai bahan alami untuk menghilangkan jerawat. Tidak heran jika ada sabun pepaya untuk wajah karena pepaya memang banyak berperan dalam bidang kecantikan serta perawatan dan kesehatan tubuh. Hal ini karena pepaya mengandung enzim papain dimana berperan penting untuk mengikis dan mengangkat sel kulit mati. Terdapat juga antioksidan serta kandungan vitamin yang mengurangi peredangan pada kulit yang menyebabkan jerawat serta dapat mencerahkan kulit wajah. Untuk menghilangkan jerawat secara almi menggunakan buah pepaya, siapkan pepaya yang telah dibersihkan dan telah dipotong-potong menjadi beberapa bagian, setelah itu haluskan pepaya sehingga menjadi seperti bubur (pakai blender juga boleh) dan taruh di wadah, lalu campurkan dengan 1 sendok teh madu atau lemon (sesuai selera aja). Oleskan secara perlahan pada wajah yang berjerawat, biarkan dan diamkan selama 15 menit. Bilas wajah dengan air yang hangat hingga bersih, keringkan.


5. Perpaduan Alpukat dan Madu

Akan sangat enak bila membuat jus alpukat dan dicampur dengan sedikit madu, manis seperti mantan yang semakin manis hahahaa :D Selain untuk jus yang enak, perpaduan antara alpukat dan juga madu bisa menjadi bahan alami untuk menghilangkan jerawat. Alpukat yang diperkaya akan viamin E yang dapat mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang tersumbat pada pori-pori serta mengurangi peradangan pada kulit. Madu yang mengandung kandungan hidrogen peroksida yang bersifat antibakteri yang bermanfaat untuk kulit. Kombinasi yang luar biasa. Untuk menghilangkan jerawat secara alami menggunakan campuran antara alpukat dan madu, siapkan alpukat yang sudah dikeruk dan diambil semua dagingnya, masukkan kedalam sebuah wadah kemudian haluskan menggunakan garpu hingga merata, setelah itu tambahkan 1 sendok teh madu dan aduk hingga merata (tambahkan perasan lemon juga boleh, tergantung selera). Lalu oleskan pada wajah (layaknya sebuah masker wajah) yang berjerawat dan diamkan selama 15-20 menit. Bilas wajah dengan air yang hangat hingga bersih, keringkan.


6. Ketimun

Makanan yang satu ini selalu ada saat kita menyantap lalapan di warung-warung atau sebagai bahan campuran makan lainnya (seperti nasi goreng). Dan juga pada umumnya ketimun digunakan untuk perawatan wajah yang biasanya dipakai orang, ketimun berperan penting dalam kecantikan kulit dan perawatan wajah. Dikarenakan ketimun sangat banyak nutrisi dan zat seperti asam amino, antioksidan, mineral dan juga vitamin C yang mampu mengeluarkan racun dari dalam tubuh serta mengangkat dan membersihkan sel kulit mati ataupun kotoran penyebab jearawat yang ada pada wajah dan juga menjaga kelembaban kulit. Untuk menghilangkan dan membersihkan jerawat secara alami menggunakan ketimun, cukup dengan memotong tipis-tipis ketimun lalu ditempelkan saja ke wajah layaknya sebuah masker dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat hingga bersih, keringkan


7. Bawang Putih

Bawang putih merupakan bumbu makanan terpenting dalam olahan masakan yang enak :D Mengandung senyawa thiacremonon sulfur yang dapat mengeringkan jerawat serta allicin yang bersifat antiseptik yang mampu menangkal bakteri penyebab jerawat. Oleh karena itu bawang putih menjadi bahan alami yang cukup efektif untuk menghilangkan jerawat. Untuk menghilangkan dan membersihkan jerawat secara alami menggunakan bawang putih, siapkan dan haluskan bawang putih hingga merata. Oleskan pada wajah yang berjerawat, biarkan dan diamkan selama beberapa menit. Bilas dengan air hangat hingga bersih.


Itulah beberapa bahan-bahan alami yang dapat mengatasi dan membersihkan serta menghilangkan jerawat. Yah walaupun tidak seperti produl-produk kecantikan yang mahal, cara-cara alami diatas patut untuk dicoba.

4 komentar:

  1. Jika komedo pakai cara diatas kira" ampuh gk min?

    ReplyDelete
  2. kira-kira berapa lama bru ilang ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba aja secara rutin beberapa minggu, pasti hilang sedikit demi sedikit :D

      Delete