Bahan-bahan alami untuk menghilangkan uban dengan cepat!


Uban, merupakan rambut putih yang muncul secara alami dikepala. Pada umumnya uban akan mulai muncul seiring dengan bertambahnya usia dan merupakan pengingat bahwa umur sudahlah tidak muda lagi. Namun, pada orang yang berusia muda juga bisa memiliki uban. Hal ini dapat disebabkan oleh faktor genetik, ataupun karena stress (kebanyakan mikir), ada juga yang bilang kalau cepat dan sering marah-marah dapat menyebabkan tumbuhnya uban saat usia muda hahaha....

Adanya uban dikepala bagi beberapa orang dapat mengganggu penampilan, dan banyak berbagai cara untuk menghilangkan uban. Dan berikut ini adalah beberapa bahan alami yang dapat menghilangkan uban.

Check it out!


1. Kemiri

    Kemiri merupakan salah satu bahan yang dikelolah untuk membuat bumbu masakan dan juga sering digunakan sebagai bahan untuk perawatan rambut. Untuk menghilangkan uban menggunakan kemiri, kemiri dihaluskan dengan cara ditumbuk sampai minyaknya keluar. Gunakan minyak kemiri tersebut sama halnya serperti minyak rambut. Oleskan secara perlahan hingga merata pada kulit kepala dan juga rambut sambil dipijit perlahan. Lakukan perawatan menggunakan minyak kemiri ini secara rutin sebelum rambut dikeramas. Bagi yang malas dan merasa repot untuk menumbuk serta menghaluskan kemiri sampai minyaknya keluar, bisa membeli minyak kemiri yang tersedia di toko-toko obat ataupun toko kosmetik terdekat.


2. Putih Telur

    Jika kuning telur berperan untuk membuat sebuah adonan kue, maka putih telur bisa digunakan sebagai bahan alami penghilang rambut uban. Selain itu putih telur juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh lainnya seperti merawat wajah dan juga kulit. Untuk menghilangkan uban menggunakan putih telur, gunakan 3 butir telur ayam kampung, pisahkan dan ambil putihnya lalu campurkan dengan setengah gelas air hangat dan setengah sendok teh garam secara merata. Oleskan secara perlahan dan merata pada kulit kepala serta rambut, jangan lupa sambil dipijit perlahan. Diamkan dan tunggulah selama 2jam (lebih juga boleh :D), lalu dibilas dengan air sampai bersih. Agar hasil maksimal dan uban cepat menghilang, lakukan perawatan secara rutin


3. Biji Pepaya

    Pepaya selain buahnya yang menyehatkan untuk dimakan, bijinya juga mampu menghilangkan rambut uban dikepala. Metode menghilangkan uban menggunakan biji pepaya ini bisa dibilang masih baru. Biji pepaya terbilang sangat efektif, karena selain menghilangkan rambut uban, biji pepaya juga membuat rambut semakin hitam dan lebat karena mengandung nutrisi yang dapat menyehatkan, melebatkan, dan memperbaiki nutrisi rambut. Untuk menghilangkan uban menggunakan biji pepaya, pertama siapkan dan kumpulkan biji pepaya (yaiyalah jelas :D) yang masih baru dan usahakan fresh dari buahnya. Setelah itu sangrai serta keringkan kumpulan biji pepaya tersebut. Tunggu sampai dingin, setelah dingin, tumbuk dan haluskan biji pepaya hingga menjadi bubuk. Sesudahnya, campurkan bubuk biji pepaya tadi dengan minyak kelapa hingga merata. Lalu oleskan pada rambut dan kulit kepala dan jangan lupa dipijit secara perlahan hingga merata dan tunggu sekitar 5 menit. Setelah 5 menit selesai, diamkan dan tutup dengan handuk basah selama 30 menit, lalu dibilas dan bersihkan rambut mengunakan air sampai bersih.


4. Daun Rambutan

    Buah berair yang satu ini memang sangat digemari banyak orang, selain buahnya yang enak dan penuh akan nutrisi dan khasiat, daunnya juga berperan dalam bidang perawatan menggunakan bahan alami, salah satunya menghilangkan rambut uban. Kulit kepala dan rambut akan menyerap setiap kandungan nutrisi yang dimasuk dan diberi oleh daun rambutan. Untuk menghilangkan uban menggunakan daun rambutan, tentunya memetik daun rambutan terlebih dahulu secukupnya usahakan yang masih baru dan fresh dari pohon rambutan. Lalu lumatkan daun-daun rambutan yang terkumpul sampai hancur dan tambahkan sedikit air, setelah itu aduk sampai tercampur rata. Setelah tercampur sampai rata, peras daun-daun rambutan tadi sampai sari berwarna hijau keluar. Kemudian oleskan sarinya ke kulit kepala dan rambut yang memiliki uban hingga merata dan jangan lupa sambil memijit kepala secara perlahan. Setelah itu, diamkan saja selama 25 menit lalu bilas dan bersihkan rambut menggunakan air sampai bersih


5. Yogurt

    Minuman susu kental hasil fermentasi ini memang sangat banyak manfaatnya dalam bidang kesehatan serta perawatan tubuh. Selain berperan dalam menghitamkan rambut, menu yang kaya akan nutrisi dan vitamin ini juga mampu menghilangkan rambut uban. Untuk menghilangkan uban menggunakan yogurt, cukup dengan membuat masker yang terbuat dari yogurt tanpa rasa dan tambahkan lada hitam serta kopi bubuk dan dicampurkan secara merata. Oleskan pada kulit kepala dan rambut secara perlahan dan jangan lupa sambil dipijit perlahan. Lalu diamkan selama 1 jam setelah itu keramas, bilas dan bersihkan rambut menggunakan air sampai bersih.


6. Sisa Teh (Ampas Teh Yang Basi)

    Pembahasan terakhir, menggunakan ampas teh atau teh basi juga masih terbilang baru dan jarang-jarang yang menggunakannya sebagai penghilang rambut uban. Pada teh basi, terdapat kandungan antioksidan yang dapat menyehatkan rambut. Untuk menghilangkan uban menggunakan teh basi, pertama siapkan dulu teh basi secukupnya dan seduh teh itu dengan air hangat dan diamkanlah dalam satu malam. Keesokanharinya, gunakan teh basi tersebut sebagai masker pada rambut. Oleskan teh basi tadi ke kulit kepala dan rambut secara merata dan jangan lupa dipijit secara perlahan. Setelah itu, diamkan rambut hingga 30 menit, kemudian keramas, bilas dan bersihkan rambut sampai bersih. Alternatif bisa juga menggunakan ampas teh yang masih baru dengan cara mencampurkannya dengan sedikit garam sebelum dioles di rambut dan diamkan selama 1 jam.



Nah, itu dia beberapa tips serta cara alami untuk menghilangkan rambut uban dari kepala anda, lakukan perawatan secara teratur dan rutin untuk hasil yang maksimal.

1 komentar:

  1. pernah baca.. katanya uban dibiarin aja soalnya tanda kemuliaan. pernah juga denger uban itu tanda semakin dekat kematian. entahlah.. nice info tapi kak

    ReplyDelete